Archieves
Contact Us
SMP N 2 Pangkalpinang
Jl. Adhyaksa No. 181 Pangkalpinang
Phone0717422215
Fax

Facilities

    Lab Komputer

    Lab. Komputer merupakan fasilitas yang disediakan oleh sekolah yang berfungsi untuk menunjang terlaksananya proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Pentingnya peranan laboratorium komputer dalam mengembangkan keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan dalam akselerasi proses pembelajaran, maka perlu dilakukan upaya manajemen laboratorium komputer yang baik untuk mendukung peran dan fungsi laboratorium secara optimal. Laboratorium komputer merupakan sebuah laboratorium yang dibuat untuk mempermudah penyampaian materi apapun disebuah ruangan dengan seperangkat komputer lengkap, pada umumnya digunakan untuk materi pembelajaran seperti TIK, media pembejaran, Microsoft office, internet dan lain sebagainya, sekarang lab komputer di sekolah-sekolah khususnya di SMP Negeri 2 Pangkalpinang digunakan untuk fasilitas Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). LAB Komputer SMP Negeri 2 berjumlah 2 ruangan, masing-masing ruangan dilengkapi 2 server dan jumlah seluruh komputer ada 108 unit.

    Tujuan dan fungsi laboratorium komputer

    • Menunjang proses Ujian Nasional Berbasis Komputer, dll
    • Menunjang proses pembelajaran dan praktikum dalam berbagai ilmu seperti IPA, bahasa,  multimedia, desain grafis, dll.
    • Terbentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi selaruh civitas sekolah melalui media pembelajaran berbasis TIK.

    UKS

    Usaha kesehatan sekolah (UKS) upaya pelayanan kesehatan yang terdapat di sekolah, guna menolong murid dan juga warga sekolah yang sakit di kawasan lingkungan sekolah. Sebagai pengelola atau pembina UKS SMPN 2 Pangkalpinang adalah Ibu Hj. Arlifah, S.Pd dan dibantu dengan siswa siswi PMR.UKS biasanya dilakukan di ruang kesehatan suatu sekolah. UKS tidak hanya menangani murid yang mengalami kecelakaan ringan di sekolah (upaya pertolongan pertama pada kecelakaan), melayani kesehatan dasar bagi murid selama sekolah (pemberian imunisasi), pemantauan pertumbuhan anak. Tetapi juga mengajarkan hal-hal kecil namun penting bagi siswa, seperti menanamkan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, pengenalan makanan empat sehat lima sempurna, perilaku menggosok gigi setelah makan, dan perilaku-perilaku lain yang dapat membentuk kebiasaan sehat bagi anak. Hal tersebut perlu dilakukan karena UKS merupakan upaya terpadu lintas program dan lintas sektoral untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat.Program Usaha Kesehatan Sekolah yang dikenal dengan Trias UKS yaitu Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat merupakan hal yang sangat penting dalam mewujudkan peserta didik yang sehat dan cerdas.

    Makna Simbol UKS :

    A.     Segitiga Sama Sisi
    Menggambarkan 3 program pokok UKS (Trias UKS)
    1)      Pendidikan Kesehatan.
    2)      Pelayanan Kesehatan.
    3)      Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat.

    B.     Lingkaran

          Menggambarkan bahwa program UKS dilaksanakan secara terpadu oleh seluruh sektor terkait.

          Tulisan Uks (Ditulis Secara Vertikal & Horizontal) Menggambarkan bahwa UKS dilaksanakan mulai dari TKA/RA sampai SLTA/MA, serta dilaksanakan secara berjenjang dari sekolah/ Madrasah sampai pusat secara terkoordinasi baik antara sekolah dengan Tim Pembina, Tim Pembina UKS dibawahnya dengan yang diatasnya maupun antar sesama TIM Pembina UKS yang sejajar.


    Perpustakaan

    Salah satu pendukung penunjang kegiatan belajar mengajar di SMPN 2 Pangkalpinang adalah perpustakaan.Perpustakaan Sekolah merupakan usaha pendidikan, secara aktif dan positif. Perpustakaan Sekolah menyelenggarakan pendidikan, yaitu membangkitkan kegemaran dan minat baca, meningkatkan selera baca, meningkatkan minat terhadap hal-hal baru melalui buku-buku referensi, indeks, bibliografi dan lainlainnya. Selanjutnya mendidik kerapian, ketertiban, disiplin dan tanggung jawab dalam menggunakan fasilitas yang tersedia. Disini lah tempat siswa siswi SMPN 2 mencari buku-buku referensi untuk menunjang pelajaran mereka..,selain buku pelajaran banyak lagi terdapat buku lainnya seperti buku fiksi, buku non fiksi, majalah dan sebagainya. Perpustakaan SMPN 2 dikelola oleh 1 orang kepala perpustakaan yaitu bapak Kuwoto didampingi oleh pengelola perpustakaan yaitu ibu Fifin Karlena dan juga ada beberapa siswa siswi pustakawan yang ikut membantu. Dengan dilengkapi fasilitas yang cukup lengkap dan suasana perpustakaan yang nyaman baru - baru ini perpustakaan SMPN 2 mendapatkan juara satu tingkat provinsi, alhamdulillah ini merupakan kebanggaan yang sangat besar untuk seluruh warga SMPN 2.

    Perpustakaan Sekolah merupakan usaha penyediaan jasa. Perpustakaan mengadakan, mengolah, menyiapkan sampai siap pakai dan mengedarkan serta menyimpan dan memelihara bahan pustaka dan mengupayakan kegiatan membaca, berdiskusi, konsultasi, dan lain-lain sebagainya. Perpustakaan Sekolah merupakan usaha menyediakan sumber-sumber informasi dalam bentuk karya tulis, cetak dan rekaman, seperti naskah buku, terbitan berkala, sural kabar, brosur, folder, toto, film, piringan hitam, pita rekaman dan sejenis lainnya. Perpustakaan Sekolah merupakan tempat membaca untuk belajar murid, baik secara perorangan, berkelompok, untuk konsultasi, penelitian dan kegiatankegiatan sejenisnya.